Input Data Customer Invoice
Customer Invoice adalah tagihan kepada Customer atas pembelian produk. Customer Invoice akan menghasilkan jurnal penjualan otomatis yang berisi seperti pada gambar di bawah:
Untuk menginput Customer Invoice, lakukan langkah-langkah berikut:
Buka menu Accounting -> Customers -> Invoices, klik tombol [New]
Isi form dengan data yang sesuai. Klik Tambahkan satu barus untuk menambahkan produk.
klik icon
Save untuk sekedar menyimpan Invoice
Klik tombol [Confirm] untuk mengonfirmasi Invoice dan membuat jurnal penjualan
Impor data Invoice dapat dilakukan untuk menginput data secara masif. Untuk mengimpor data, lakukan langkah-langkah berikut:
Buka menu Accounting -> Customers -> Invoices, klik icon
lalu pilih Import records
Buat file Excel dengan format seperti di bawah:
Source Document adalah nomor pesanan. Invoice Lines/Product adalah Internal Reference sebuah produk. Invoice Lines/Account adalah kode akun yang digunakan untuk menampung nilai penjualan produk tersebut.
Klik tombol [Upload File] , pilih file Excel yang telah dibuat hingga muncul preview di layar.
Klik tombol [Test] untuk menguji kevalidan data dan format. Bila muncul error berupa banner berwarna merah, perbaiki error terlebih dahulu dan kemudian klik tombol [Load File] untuk membuka kembali file. Bila muncul “Semua tampak sah” maka file siap diimpor dan selesaikan proses dengan klik tombol [Import].
Last updated