Input Data Customer Invoice

Customer Invoice adalah tagihan kepada Customer atas pembelian produk. Customer Invoice akan menghasilkan jurnal penjualan otomatis yang berisi seperti pada gambar di bawah:

Tampilan Invoice

Untuk menginput Customer Invoice, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Accounting -> Customers -> Invoices, klik tombol [New]

  2. Isi form dengan data yang sesuai. Klik Tambahkan satu barus untuk menambahkan produk.

  3. klik icon Save untuk sekedar menyimpan Invoice

  4. Klik tombol [Confirm] untuk mengonfirmasi Invoice dan membuat jurnal penjualan

Impor data Invoice dapat dilakukan untuk menginput data secara masif. Untuk mengimpor data, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Accounting -> Customers -> Invoices, klik icon lalu pilih Import records

  2. Buat file Excel dengan format seperti di bawah:

Template Data Impor

Source Document adalah nomor pesanan. Invoice Lines/Product adalah Internal Reference sebuah produk. Invoice Lines/Account adalah kode akun yang digunakan untuk menampung nilai penjualan produk tersebut.

  1. Klik tombol [Upload File] , pilih file Excel yang telah dibuat hingga muncul preview di layar.

Tampilan Data Impor

Klik tombol [Test] untuk menguji kevalidan data dan format. Bila muncul error berupa banner berwarna merah, perbaiki error terlebih dahulu dan kemudian klik tombol [Load File] untuk membuka kembali file. Bila muncul “Semua tampak sah” maka file siap diimpor dan selesaikan proses dengan klik tombol [Import].

Last updated