Input Data Customer Invoice
Last updated
Last updated
Customer Invoice adalah tagihan kepada Customer atas pembelian produk. Customer Invoice akan menghasilkan jurnal penjualan otomatis yang berisi seperti pada gambar di bawah:
Untuk menginput Customer Invoice, lakukan langkah-langkah berikut:
Buka menu Accounting -> Customers -> Invoices, klik tombol [New]
Isi form dengan data yang sesuai. Klik Tambahkan satu barus untuk menambahkan produk.
klik icon Save untuk sekedar menyimpan Invoice
Klik tombol [Confirm] untuk mengonfirmasi Invoice dan membuat jurnal penjualan
Impor data Invoice dapat dilakukan untuk menginput data secara masif. Untuk mengimpor data, lakukan langkah-langkah berikut:
Buat file Excel dengan format seperti di bawah:
Source Document adalah nomor pesanan. Invoice Lines/Product adalah Internal Reference sebuah produk. Invoice Lines/Account adalah kode akun yang digunakan untuk menampung nilai penjualan produk tersebut.
Klik tombol [Upload File] , pilih file Excel yang telah dibuat hingga muncul preview di layar.
Klik tombol [Test] untuk menguji kevalidan data dan format. Bila muncul error berupa banner berwarna merah, perbaiki error terlebih dahulu dan kemudian klik tombol [Load File] untuk membuka kembali file. Bila muncul “Semua tampak sah” maka file siap diimpor dan selesaikan proses dengan klik tombol [Import].
Buka menu Accounting -> Customers -> Invoices, klik icon lalu pilih Import records