Menambahkan Produk Baru
Last updated
Last updated
Dalam Odoo, Untuk menambahkan produk baru, lakukan langkah-langkah berikut:
Buka modul Inventory -> Products -> Products atau Accounting -> Customers -> Products atau Accounting -> Vendors -> Products. Lalu klik tombol [New].
Isi form dengan data yang sesuai sebagai berikut:
Ceklis kotak Dapat Dijual untuk barang yang dapat dijual. Ceklis kotak Dapat Dibeli untuk barang yang dapat dibeli.
Tab Informasi Umum
Isi Product Type dengan “Consumable” untuk produk yang tidak ingin diperhatikan stoknya. Pilih “Storable Product” untuk produk yang ingin diperhatikan jumlah stoknya. Pilih “Service” untuk produk berupa jasa. Jika membuat Quotation berupa Produk yang bertipe sebuah “Service”, maka tidak ada Delivery Order akan tetapi sistem tetap akan membuat invoice.
Pilih kategori produk yang sesuai pada Product Category. Untuk mengetahui konsekuensi pemilihan kategori produk terhadap penjurnalan, lihat bagian Menambah Kategori Produk
isi Internal Reference/Referensi Internal dengan kode internal perusahaan. Kode ini dapat digunakan dalam pencarian barang lewat Search Box dan dalam proses impor sebagai pengganti nama produk.
Isi Barcode dengan kode barcode produk untuk satuan penyimpanan di gudang. Jika menyimpan produk di gudang dengan satuan pouch, maka isi dengan barcode pouch. Namun, bila menyimpan produk di gudang dengan satuan karton (berisi beberapa pouch) maka isi dengan barcode karton tersebut.
Isi Harga Jual dengan nilai jual produk. Nilai akan menjadi nilai dasar pada pencantuman di Customer Invoice.
Pilih jenis-jenis pajak yang akan berlaku ketika penjualan barang pada Customer Taxes.
Pilih satuan yang ingin digunakan untuk penyimpanan pada Unit of Measure (UoM). Sedangkan pilih satuan yang ingin digunakan untuk pembelian pada Purchase Unit of Measure. Sehingga UoM default yang akan digunakan pada saat PO adalah satuan yang dipilih pada Purchase UoM.
Tab Purchase/Pembelian
Pada tabel Vendors, klik Tambahkan satu baris untuk menambah data. Cantumkan nama supplier pada Vendor. Cantumkan kode produk untuk vendor pada Vendor Product Code. Cantumkan merek produk dari vendor pada Vendor Product Brand. Tabel ini akan terupdate otomatis untuk setiap pembelian terhadap supplier baru.
Pilih jenis-jenis pajak yang akan berlaku ketika pembelian barang pada Pajak Vendors.
Isi Deskripsi Pembelian dengan keterangan yang ingin diberikan (spesifikasi atau semacamnya) yang ingin dicantumkan pada deskripsi produk saat pembuatan PO.
Tab Accounting/Akunting
Pilih akun yang ingin digunakan untuk pencatatan pemasukan pada Income Account/Akun Laba. Pilih akun yang ingin digunakan untuk pencatatan pengeluaran pada Expense Account/Akun Beban. Pilihan yang dicantumkan di sini akan menggantikan pilihan yang ditetapkan pada Product Category.
Klik icon untuk menyimpan produk
Data produk juga dapat ditambahkan secara masif dengan mengimpornya dari file Excel atau CSV. Untuk mengimpor data, lakukan langkah-langkah berikut:
Buat file Excel dengan format seperti gambar di bawah:
Klik tombol [Load File], pilih file Excel yang telah dibuat hingga muncul preview di layar.
Klik tombol [Test] untuk menguji kevalidan data dan format. Bila muncul error berupa banner berwarna merah, perbaiki error terlebih dahulu dan kemudian klik tombol [Load File] untuk membuka kembali file. Bila muncul “Everything seems valid” maka file siap diimpor dan selesaikan proses dengan klik tombol [Import].
Buka modul Inventory -> Products -> Products atau Accounting -> Customers -> Products atau Accounting -> Vendors -> Products. Lalu klik icon kemudian [Import records].